iMacros Belajar Script Paling Mudah dan Menyenangkan




iMacros Belajar Script Paling Mudah dan Menyenangkan


iMacros – Memiliki tool yang dapat merinankan pekerjaan merupakan keinginan hampir semua pekerja digital, terlebih tool tersebut bisa berjalan otomatis sesuai dengan keinginan pemaikai. iMacros bisa menjadi jawaban sekaligus solusi terbaik.  Meskipun iMacros sangat mudah didapatkan belum tentu semua orang bisa menggunakannya, karena banyak hal yang harus dipelajari yang berkaitan dengan Script Alogaritmanya. Namun jangan khawatir karena belaja iMacros sangatlah mudah dan menyenangkan.

Apa sebenarnya iMacros?

Sebelum kita memulai belajar menggunakan iMacros sebaiknya kita harus mengenal dulu apa itu iMacros. iMacros ini merupakan plugin yang dapat digunakan di Mozilla Firefox dan Google Chrome yang berfungsi untuk merekam pekerjaan tertentu. Rekaman pekerjaan tersebut disimpan dalam bentuk script alogaritma yang dapat kita panggil dan jalankan kembali sewaktu-waktu atau bahkan bisa berjalan otomatis sesuai dengan keinginan pengguna. 

Kegunaannya Untuk Apa Saja?

Dalam hal kegunaan atau fungsinya, plugin ini dapat digunakan melakukan banyak hal, diantaranya:

  • Memasukkan banyak data ke formulir pendaftaran di website tertentu yang bisa dijalankan secara otomatis.
  • Dapat digunakan sebagai alat pembuatan BOT atau program yang berjalan otomatis di berbagai keperluan, misalnya untuk faucet bitcoin, banyak web faucet bitcoin yang memberi bonus ketika merekrut member/ refferal. Bagi penambang bitcoin yang sabar tentunya akan mencari refferal organik (benar-benar refferal atau member aktif), namun bagi yang ingin cepat mereka bisa memanfaatkan fitur iMacros untuk membuat akun refferal palsu atau yang dikenal dengan istilah TUYUL. Dengan bantuan iMacros penambang bitcoin bisa meraup keuntungan yang besar. Namun tentunya tidak hanya sekedar iMacros, melainkan dengan beberapa tool lain dan trik khusus.
  • Ekstrak data dari sebuah website yang disimpan dalam bentuk .csv yang dapat digunakan kembali sebagai bahan input data. Dan masih banyak kegunaan yang laiinya yang berkaitan dengan otomatisasi.


Apa yang dibutuhkan sebelum memulai belajar  iMacros ?

Sebelum memulai belajar tentunya harus mempunyai  Plugin iMacros. Mengenai cara mendapatkan plugin iMacros sangatlah mudah, kita bisa langsung  Download dari Seach Pengaya / Plugin di browser Mozilla Firefox ataupun Google Chrome. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Buka Mozilla Firefox
  2. Klik menu disamping kanan atas Firefox
  3. Plih Add-Ons
  4. Ketikan “imacros” dan tekan Enter
  5. Pilih dan Install iMacros For Firefox sampai proses selesai.
  6. Jika proses sukses maka kita bisa melihat adanya plugin iMacros pada Firefox.
  7. Jika di klik akan membuka jendela iMacros di sebelah kanan halaman.
  8. Selesai. Sampai disini berarti kita sudah sukses menginstall Plug in iMacros.

Bagian Muka iMacros

Dari segi tampilan iMacros cukup sederhana, kita bisa melihat disitu ada beberapa point penting yaitu Play, Rec, dan Manage.

  • Rec – Menu ini merupakan hal yang paling penting dalam proses pembuatan scripth. Mendengar kata scripth tentunya bagi pemula sudah bisa membayangkan tentang code yang rumit yang memusingkan otak. Tapi tenang saja dalam iMacros tidak serumit itu, kita cukup membuka sebuah halaman Web. Terus kita klikj menu REC, otomatis semua langkah yang kita lakukan di rekam dan dijadikan scripth, dan kita hanya tinggal mengcopy atau memodifikasi sedikit-sedikit. Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu menuliskan scripth atau code secara manual.
  • Play – Berkebalikan dengan menu REC, menu ini berfungsi untuk menjalankan kembali langkah yang sudah kita rekam dan dijadikan scripth sebelumnya.
  • Manage – Pada bagian ini berfungsi sebagai pengaturan dasar dari iMacros, misalnya dalam penyimpanan hasil scripth yang telah kita rekam, kita bisa mengaturnya dengan disimpan di tempat yang kita sesuaikan atau apakah kita simpan sesuai bawaan dari iMacros.

Cara Mudah Menggunakan iMacros

Dalam menggunakan iMacros sebenarnya cukuplah sederhana, yakni :

  1. kita tinggal tekan Record , kita jalankan browser, entah itu sekedar buka website ataupun mengisi form yang ada didalamnya.
  2. Perhatikan setiap kode yang dihasilkan dari tiap langkah yang kita lakukan.
  3. Stop Record, dan akan ada file baru hasil record kita tadi yang secara default diberi nama “#Current.iim”.
  4. Edit dan sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Diatas adalah lankah secara umum penggunaan iMacros, begitu simpel dan kelihatan mudah bukan? namun jika masih awal tentunya masih sedidikt kaku karena tidak terbiasa menggunakan plugin ini. Di atas merupakan contoh  menggunakan iMacros untuk membuka website freebitco.in. baik itu cuma sekedar membuka atau sekaligus mengisi salah satu Form.

Catatan :
  • ·         Pada waktu kita membuka web, langkah tersebut di record menjadi script  “URL GOTO=https://freebitco.in/” 
  •           Pada waktu kita klik salah satu form akan mengeluarkan scripth tertentu, misalnya “TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=ID:login_form ATTR=ID:login_form_btc_address CONTENT=email” 
  •            Jika kita ingin mengulangi langkah tersebut tetapi mengisinya denagn data berbeda, maka sebenarnya cara manualnya sangat mudah, kita tinggal mengedit data contentnya, misalnya “CONTENT=email” diganti  CONTENT=oke@*gmail.com.

Demikian Tutorial singkat belajar menggunakan iMacros, Gimana ternyata mudah sekali bukan menggunakan iMacros? silahkan dicoba sendiri !
Terima Kasih telah membaca artikel tentang iMacros Belajar Script Paling Mudah dan Menyenangkan, Namun jangan lupa baca juga artikel yang tak kalah pentingnya misalnya :
Cara Setting iMacros, Membuat Scripth iMacros, ataupun Tutorial iMacros Indonesia.

Dengan banyak membaca tentunya akan semakin memperkaya pengetahuan kita, dan jangan lupa jadilah pembaca bijak dengan meninggalkan jejak.



5 Responses to "iMacros Belajar Script Paling Mudah dan Menyenangkan"

  1. Free script imacros for media social automation and bot software Imacros Script Automation

    BalasHapus
  2. kalau mau scrape data iklan ke csv bagaimana,perintah extract bisa jelaskan tolong

    BalasHapus
  3. Kalo mau order murah dan terpercaya via paypal
    https://pulsamedia.co.id

    BalasHapus
  4. susah juga kalo baru belajar,tapi sudah paham walaupun dikit ,nakasih ilmunya kak

    BalasHapus